Recent in Technology

salah satu prospek lulusan teknik informatika



Teknik informatika adalah kumpulan disiplin ilmu teknologi yang lebih khusus menangani permasalahan transformasi atau pengolahan data berbasis komputasi. 


Dalam teknik informatika terdapat banyak disiplin ilmu, seperti sistem informasi, ilmu komputer, teknik komputer, manajemen informasi. Ilmu yang paling banyak dikaji diteknik informatika lebih ke pada bidang pemprograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software development), dan teknologi jaringan komputer.

Prospek lulusan teknik informatika Lulusan teknik informatika memiliki peluang kerja sangat luas, hampir semua jenis bidang ilmu usaha membutuhkan lulusan teknik informatika. Tamatan teknik informatika bisa menjadi programmer, analis sistem, IT audit, desain, video editing, komputer dan jaringan, perbankan, pemerintah, staf admin perkantoran, team it perkantoran, telekomunikasi, dosen, guru sekolah, dll.

Dari informasi diatas kita bisa mengambil poin penting untuk dijadikan acuan kita sesudah lulus kuliah mau bekerja apa, yaitu sebagai seorang programmer.

Disini saya akan memberitahu bahwa  siapapun bisa menjadi seorang programmer, jika seseorang itu tidak mencicipi dunia perkuliahan, berarti ia belajar sendiri atau otodidak, dan jika seseorang itu seorang mahasiswa maka ia belajar pada dosen yang memberikan dasar-dasar untuk menjadi seorang programmer. kelemahan ketika seseorang itu belajar otodidak maka ia akan sulit diterima oleh perusahaan jikalau dia melamar kerja, kecuali ia mempunyai keahlian yang luar biasa dalam menguasai bahasa pemrograman.
Apa aja sih syarat-syarat menjadi seorang programmer?kita akan bahas dibawah.

Syarat-syarat Programmer :

1. Logika dan Imajinasi
Seorang programmer harus memiliki kemampuan untuk memecahkan suatu masalah tidak saja dengan satu jawaban tapi bisa lebih dari satu. Untuk ini kita harus memiliki dasar menghitung atau matematika yang kuat.

2. Penasaran dan Tidak Gampang Menyerah
Pada dasarnya programmer akan selalu dihadapkan pada persoalan yang kompleks untuk menyelesaikan bahasa pemrogramman untuk menghasilkan output maksimal. Demikian kompleksnya persoalan yang harus dipecahkan menuntut konsistensi kita untuk tidak putus asa dan selalu ingin tahu.

3. Kuliah di Jurusan Pemrograman
Sebenarnya ini syarat penunjang. Menjadi seorang programmer tidak harus sekolah, tapi ini umumnya penting. Belajar programming itu bisa secara otodidak. Namun akan tampak beda, antara programmer otodidak dengan yang berada di pendidikan.

4. Rajin, Tekun dan Ulet
Belajar bahasa pemrograman tidaklah mudah karena begitu banyak macam bahasa pemrograman yang perlu dikuasi belum lagi dihadapkan pada kasus kasus tertentu yang mengharuskan seorang programmer memeras otak menciptakan suatu aplikasi terbaru dan lain daripada yang lain. Bahasa pemrograman tersebut antara lain HTML, PHP, Java, Python, ASP, C++ dan masih banyak lagi.

5. Begadang
Belajar pemrograman membutuhkan waktu yang cukup lama, dan terkadang akan menyita waktu yang cukup banyak. Jadi, siap-siap untuk rela begadang.

6. Mencintai Pemrograman Cintai dulu, kalau sudah cinta kita akan sukarela dan tidak merasa terpaksa mempelajari kerumitan yang ada pada bahasa pemrograman.


Sumber : garudacyber.co.id, www.kaskus.co.id

Posting Komentar

0 Komentar

People

Ad Code